Lihat juga
Loading...
Rabu, September 14

Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang

Contoh, Macam-macam Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang - Membaca indeks buku adalah salah satu bagian sangat penting dalam memanfaatkan sebuah buku secara maksimal, karena itu selalu disematkan indeks penulisan pada setiap buku. Indeks ini sendiri memiliki fungsi supaya pembaca dapat dengan cepat menemukan istilah yang ingin dicari, dengan melihat atau membaca pada halaman indeks dengan sangat mudah dapat kita temua halaman mana saja yang memuat istilah tersebut tanpa harus menginggat seluruh isi buku atau membaca seluruh isi dari buku tersebut, istilah yang dianggap penting yang ada didalam sebuah buku disusun dengan rapi didalam sebuah halaman indeks yang berurutan sesuai dengan abjad dari A sampai Z.
Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang
Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang

Didalam pembahasan materi indeks buku kali ini kalian juga akan mempelajari jenis indeks buku, membaca dan memindai indeks buku serta dapat memahami bagai mana bentuk dari sebuah indeks buku, sehingga akhirnya kalian akan dapat membuat sendiri indeks buku yang baik dan benar, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan berikut ini.

Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang

Apakah kalian tau indeks buku terbagi menjadi berapa macam atau ragam? Indeks buku terbagi menjadi 2 macam, yang menjadi tatacara dalam penulisan, dalam materi pelajaran bahasa Indonesia kali ini kalian akan diajak untuk lebih mengerti lagi perihal bentuk dari indeks buku dan peraturan cara penulisan indeks pengarang didalam buku, karena indeks buku memiliki pengaruh yang sangat penting, karena dengan indeks yang lengkap mutu dari buku itu sendiri akan lebih baik, atau menjadi buku yang lebih dipercaya keakuratan pesan yang disampaikan.

Macam Bentuk dari Indeks Buku

Indeks dapat dibedakan jadi 2 macam bentuk, yakni indeks subjek dan indeks pengarang. Kedua jenis indeks tersebut mempunyai pengertian ataupun perbedaan yang dapat dibedakan dengan mudah. Berikut ini penjelasan singkat yang sobat dapat simak mengenai pengertian dari 2 jenis indeks buku tersebut:
  1. Indeks Subjek adalah isi dari daftar istilah yang ada didalam buku.
  2. Indeks Pengarang adalah isi dari daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat ataupun teorinya dikutip didalam buku yang bersangkutan.
Dengan membaca penjelasan diatas tentunya kalian sudah dapat lebih mudah membedakan dari 2 macam indeks buku, Indeks subjek merupakan indeks yang berisi daftar istilah yang terdapat didalam sebuah buku, sedangkan indeks pengarang merupakan bentuk indeks yang isinya berupa daftar nama pengarang atau tokoh yang teori ataupun pendapatnya dikutip didalam buku tersebut.

Aturan Penulisan Dalam Membuat Indeks Pengarang

Aturan penulisan indeks pengarang sebagai berikut:
  1. Nama depan ditulis dengan memakai huruf kapital. Jika nama pengarang hanya memiliki satu kata maka nama pengarang ditulis apa adanya.
  2. Jika nama pengarang terdiri atas 2 kata, maka penulisan nama kedua diletakkan di depan dari nama pertama; di antara nama kedua dan pertama disisipi tanda koma.
  3. Jika nama pengarang mempunyai lebih dari 2 kata, maka penulisan nama terakhir diletakkan di depan nama pertama dan kedua; setelah nama terakhir tersebut disisipi tanda koma.
  4. Nama kedua dan ketiga dalam penulisannya dapat disingkat salah satu atau kedua nama tokoh atau pengarang tersebut.
  5. Nama gelar sebaiknya tidak perlu dicantumkan.

Contoh Penulisan Indeks Pengarang

  1. Dian Husni, 121
  2. Abdillaa, A. Hamid, 31
  3. Ahmad, Dewantoro, 54
  4. Widias, Montella, 140
  5. Copluka, Kontrata M., 81
  6. Firman, S.S, 15
  7. Dikka, Dewindaratrata, 75
Setelah penulisan istilah ataupun nama pengarang harus disisi tanda koma (,) dan baru nomor halaman, seperti contoh penulisan indeks pengarang yang saya tuliskan diatas.

Sekian pembahasan mengenai Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang dan juga tentang pengertian indeks buku dilengkapi dengan contoh dan fungsi, manfaat dan cara membacanya, semoga dapat membantu sobat dalam proses belajar!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Indeks Buku dan Aturan Penulisan Indeks Pengarang

0 komentar:

Posting Komentar